Tips Meminta Izin Orang Tua Untuk Mendaki Gunung


Fenomena mendaki gunung makin marak akhir-akhir ini, terutama dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Walau demikian, gunung masih dianggap sebagai tempat yang angker dan menyeramkan bagi sebagian kalangan, terlebih bagi orang tua. Jadi izin mendaki gunung masih sulit diberikan oleh orang tua apalagi yang anaknya masih berstatus pelajar.
Karena sulitnya mendapatkan izin pergi mendaki gunung, banyak para pendaki yang mencuri-curi dari orang mereka agar bisa pergi mendaki. Padahal ini seharusnya dihindari oleh setiap pendaki.
Nah, jika kamu sulit mendapat izin orang tua untuk mendaki gunung, coba lakukan tips di bawah ini:
1. Berdoa
Hehe… Ya, pertama kamu lakukan adalah berdoa agar bisa dapat izin dari orang tua untuk mendaki gunung.
2. Ceritakan bagaimana serunya mendaki gunung
Setelah berdo’a, mulailah untuk mendekati orang tua dan bercerita bagaimana serunya mendaki gunung. Agar lebih meyakinkan perlihatkanlah foto-foto pendakian teman-teman kamu yang pernah mendaki gunung lebih dulu.
3. Yakinkan bahwa gunung bukan tempat yang angker
Alasan orang tua tidak memberi izin anaknya pergi mendaki gunung, biasanya karena mereka menganggap bahwa gunung adalah tempat yang menyeramkan dan angker. Jadi yakinkanlah orang tua kamu bahwa gunung bukan tempat seangker yang mereka pikirkan.
4. Utarakan tujuan kamu dengan baik dan sopan
Apabila orang tua sudah yakin dan percaya bahwa gunung tidak seperti yang mereka pikirkan selama ini, utarakanlah tujuan kamu dengan baik dan sopan. Saat mengutarakan maksud dan tujuan kamu jangan pernah berusaha untuk memaksakan kehendak. Jika kamu tidak diberi izin mendaki gunung, dengarkanlah alasan penolakan mereka terlebih dahulu. Lalu sampaikan alasan kamu mendaki gunung.
5. Yakinkan bahwa kamu akan baik-baik saja
Yakinkan juga orang tua kamu, bahwa kamu akan baik-baik saja dan bisa selamat sampai kembali ke rumah. Beritahu apa saja peralatan dan logistik yang akan kamu bawa, berapa lama kamu pergi, berapa orang yang pergi mendaki dan beritahu juga bagaimana medan yang akan kamu hadapi.
6. Minta bantuan teman
Mintalah bantuan teman kamu yang pernah mendaki. Akan lebih baik jika teman kamu itu juga terlihat bertanggung jawab dan sudah akrab dengan keluarga kamu. Minta teman kamu untuk menceritakan pengalamannya mendaki kepada orang tua kamu.
7. Jangan lupa minta do’a restu orang tua
Jika izin sudah diberikan, mintalah do’a restu dari orang tua agar kamu selamat sampai pula

Palabas Pecinta Alam Bebas