EXPENA

Expedisi Penikmat Alam Nusantara-Perkumpulan Manusia Berjiwa Muda, Haus Akan Petualangan, Pendakian, Sebagai Penikmat serta Pecinta Alam Nusantara

Tuesday, May 24, 2016

Etika Berpetualang di Alam Bebas


Berpetualang di alam bebas memang bisa memberikan pelajaran kehidupan yang berharga bagi kita. Tapi tidak lantas berpetualang di alam bebas itu tanpa aturan. Sering saya, mungkin anda juga, melihat coretan-coretan yang kerap tertulis di batu-batu, pepohonan, terpampang di plat-plat di tempat-tempat wisata alam atau puncak gunung. Belum lagi bungkus permen, makanan, mie, trash bag, dan sampah-sampah lain yang berceceran dimana-mana.
Tindakan Vandalisme dengan tujuan apapun (kenang-kenangan, pamer, dst), tidak patut untuk dilakukan apalagi oleh seseorang yang mengaku sebagai pecinta alam.
Etika yang harus kita jaga dalam berpetualang sering tertulis di pintu masuk resmi (mis: TNGP Cisarua). Tertulis dengan jelas dalam bahasa Inggris dan Indonesia, "Take Nothing But Picture, Leave Nothing But Footprint, Kill Nothing But Time". Dalam bahasa kita berarti "jangan mengambil apapun selain gambar (photo), jangan meninggalkan apapun selain kenangan, jangan membunuh apapun kecuali waktu."
Jelas sekali bukan etika yang harus kita jaga saat berkegiatan di alam bebas. Jika kita pernah melakukan kesalahan di waktu dulu jangan lah diulangi kesalahan yang sama. Mari menjadi petualang yang beretika dan bernorma.
Salam Rimba Raya Lestari..
Tags : ,