Expedisi Penikmat Alam Nusantara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Postingan Populer

Tuesday, June 2, 2020

Mengenal Istilah Leader, Sweeper, dan Navigator Saat Pendakian

 



Mengenal Istilah Leader, Sweeper, dan Navigator Saat Pendakian

Ketika melakukan pendakian dengan rombongan saya selalu menentukan leader, sweeper dan navigator supaya pendakian rombongan berjalan sesuai dengan rencana. 

Agar pendakian berjalan sesuai dengan rencana maka disini peran leader, sweeper dan navigator sangat memiliki peranan yang penting dalam satu kelompok pendaki.


Leader, dia adalah orang yang harus bisa memastikan bahwa pendakian berjalan sesuai dengan rencana.

Beberapa hal yang harus dilakukan seorang Leader
Berikan informasi mengenai gunung yang akan didaki kepada setiap anggota 

Berikan informasi sejelas-jelasnya kepada tiap anggota mengenai gunung yang akan didaki seperti berapa lama kira-kira pendakian akan berjalan, kondisi jalur, jalur mana yang akan ditempuh, status gunung, tempat-tempat yang berpotensi bahaya, kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dan lain sebagainya.
Jelaskan peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa dan digunakan 

Sebagai seorang leader dia harus menjelaskan peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa ketika mendaki jauh-jauh hari sebelum pendakian dilakukan dengan tujuan agar tiap anggota memiliki persiapan yang matang untuk pendakian tersebut.
Jelaskan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan 

Ini penting untuk dilakukan agar tiap anggota pendaki mempunyai pemahaman mengenai apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
Dengan menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum melakukan pendakian, semua anggota pendaki sudah memiliki pengetahuan yang sama tentang aturan-aturan tersebut.

Sweeper,  merupakan orang yang bertugas sebagai "penyapu" anggota pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal.

Tugas Seorang Navigator 
Tugas utama seorang navigator adalah menunjukan arah didalam suatu rute  pendakian agar tidak tersesat dan tetap berada didalam jalur pendakian  yang seharusnya.

Source : hajriahfajar.com

No comments:
Write komentar

Dapatkan Notifikasi via Email
Setiap kami Posting !